HAL PENTING YANG PERLU DIPERHATIKAN KETIKA LIBURAN KE GUNUNG BROMO

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Liburan Ke Gunung Bromo


tour bromo

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi para wisatawan ketika berkunjung ke Gunung Bromo. Apa saja hal-hal tersebut, mari kita bahas bersama-sama.

1. Harga makanan yang agak mahal di sekitar kawasan Gunung Bromo yaitu Penanjakan dan Kawah Bromo, sebaiknya bertanya terlebih dahulu harganya sebelum membeli, kalau bisa bahasa jawa jauh lebih baik karena harga akan jauh berbeda

2. Penjual masker atau kaos tangan yang kadang memaksa, padahal kita sudah membawa, usakanan membawa sendiri dari rumah dan menolak dengan halus jika tidak ingin membeli, jangan acuh atau berkata kasar.

3. Jangan meremehkan suhu gunung Bromo, suhu dapat berubah dengan cepat tanpa kita sadari, sebaiknya membawa jaket yang tebal untuk kenyamanan kita

4. Selalu catat nomer Jeep atau nomer HP Drivernya, agar kita bisa kembali ke Jeep saat kembali dari Penanjakan atau Kawah Bromo, karena nantinya akan cukup banyak Jeep yang parkir, sehingga memudahkan kita untuk kembali menuju Jeep.

5. Ada beberapa supir Jeep yang nakal, kadang kita akan di turunkan di penanjakan 2 atau bukit cinta, dengan menyebut ini penanjakan 1, bagi yang baru pertama ke Bromo mungkin kurang tau, namun view penanjakan 1 dengan penanjakan 2 dan bukit cinta jelas berbeda walau hampir sama, padahal kita bayar Jeep dengan harga penanjakan 1.

6. Saat menuju kawah Bromo kita di turunkan di parkiran yang agak jauh dari jalan setapak ke kawah gunung Bromo, padahal Jeep masih bisa jalan lebih dekat, biasanya ada ojek kuda yang sudah menunggu kita menawarkan jasanya, jika ingin jalan kaki, tolaklah dengan halus dan berkata ingin jalan kaki sekalian olahraga.

7. Selalu menghornati warga Tengger atau warga agama Hindu yang sedang beribadah baik di Pura atau di sekitar Gunung Bromo, karena bagi mereka kawasan gunung Bromo merupakan tempat suci, dan apabila ada tempat yang dilarang untuk dimasuki oleh orang umum diharapkan mentaatinya.

8. Sebaiknya tidak membeli bunga Edelweis sebagai cindera mata, selain bunga ini sekarang sudah cukup langka dan dilindungi, kita bisa saja tertipu dengan pedagang yang mengaku ini bunga Edelweis asli, dengan kita membeli sama saja kita mengambil bunga langka itu di habitatnya, untuk sofenir bisa membeli kaos, stiker, gantungan kunci yang di jual di sekitar tempat wisata.

9. Apabila ada himbauan dari pihak terkait untuk tidak mendekati zona bahaya kawah gunung karena ada aktivitas gunung Bromo, dihimbau mematui perintah tersebut demi keamanan dan keselamatan bersama.

10. Saat berkunjung ke Air Terjun Madakaripura, banyak guide lokal yang berebut menghampiri kita, seakan agak memaksa menawarkan jasa, kalau tidak ingin memakai jasa guide lokal usahakan menolak dengan halus.

11. Para anak-anak muda yang mencuci motor atau mobil kita dengan seenaknya, setelah itu mereka minta uang jasa kepada kita, sebenarnya baik namun mereka terkesan hanya membersihkan dengan air saja tanpa sabun dan kurang bersih, saat meminta uang mereka seakan memaksa dan apabila tidak di kasih mereka bisa merusak kendaraan kita, jangan marah kasihlah sewajarnya dan ucapkan terima kasih.

12. Agak susah mencari warung makan di bromo, alternatifnya bisa membawa makanan ringan dengan menu berat seperti roti, arem-arem atau pesan di penginapan sebelum kita mendaki ke Bromo untuk bekal di sana.

13. Pada saat berada di puncak kawah Gunung Bromo jangan terlalu dekat dengan pinggir kawah. Batuan bisa saja rapuh saat terinjak. Selain itu jangan terlalu lama di kawasan kawah, karena bau belerang yang sangat menyengat.

Berikut sedikit ulasan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan ketika berlibur ke Gunung Bromo. Jika ingin mempelajari tips berwisata ke Gunung Bromo, silahkan baca artikel tentang Tips Berwisata Ke Gunung Bromo. Semoga informasi berikut bisa bermanfaat buat wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo.

Posting Komentar untuk "HAL PENTING YANG PERLU DIPERHATIKAN KETIKA LIBURAN KE GUNUNG BROMO"