EVENT GUNUNG BROMO

EVENT-EVENT DI GUNUNG BROMO


wisata bromo

Di Gunung Bromo terdapat acara-acara yang rutin diselenggarakan. Baik itu acara keagamaan ataupun acara yang lain. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan tentang Event-event yang diadakan di Gunung Bromo.


Event-Event Yang Diadakan Di Gunung Bromo


Upacara Yadnya Kasada Atau Kasodo

Upacara adat ini digelar di Pura Luhur Poten, tepat di kaki Gunung Bromo, pada tengah malam hingga dini hari, yang dilaksanakan setiap bulan Kasada hari-14 dalam penanggalan kalender tradisional Hindu Tengger. Upacara adat suku Tengger ini bertujuan untuk mengangkat dukun atau tabib yang ada di setiap desa di sekitar Gunung Bromo. Sebelum Upacara Kasada dilaksanakan, beberapa sesaji disiapkan untuk dipersembahkan dengan cara melemparkannya ke kawah Gunung Bromo. Para dukun melalui beberapa tes terlebih dahulu saat upacara berlangsung sebelum dinyatakan lulus dan diangkat oleh tetua adat. Dukun atau tabib ini harus dapat melafalkan dan menghafalkan mantra-mantra kuno Hindu.

Tepat pada malam ke-14 bulan Kasada, suku Tengger akan beramai-ramai membawa sesajen berupa hasil ternak dan pertanian ke Pura Luhur Poten, selanjutnya sesajen yang disiapkan dibawa ke atas kawah gunung untuk dilemparkan ke kawah sebagai simbol pengorbanan yang dilakukan oleh nenek moyang. Bagi suku Tengger, sesaji yang dilembar ke kawah Bromo tersebut sebagai bentuk rasa syukur atas hasil ternak dan pertanian yang melimpah, dan berisi sesajen berupa buah-buahan, hewan ternak, juga uang.


Jazz Gunung

Jazz adalah pergelaran musik bertaraf internasional yang menampilkan komposisi jazz bernuansa etnik, digelar setiap tahun di daerah pegunungan bromo. Para musisi tampil di panggung terbuka beratap langit dan berlatar alam. Acara ini digagas oleh tiga orang yang sangat peduli terhadap dunia seni, yaitu Sigit Pramono, Butet Kartaredjasa, dan Djaduk Ferianto, acara ini dilakukan sejak tahun 2009, di panggung terbuka di Java Banana Bromo Lodge, Cafe & Gallery, Desa Wonotoro, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, dengan latar belakang keindahan pegunungan Bromo Tengger Semeru.


Bromo Marathon

Kegiatan lari marathon ini, memang bukan even tahunan, namun even ini mulai dilaksanakan di bromo dengan tujuan untuk mempromosikan keindahan Gunung Bromo dan sekitarnya sehingga mampu berperan meningkatkan sector perekonomian masyarakatnya. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan infrastruktur dan perbaikan lingkungan masyarakatnya dimana dalam kegiatannya ada penggalanagan dana untuk pengembangan fasilitas sekolah setempat.

Dalam kegiatan ini peserta akan diajak melintasi desa-desa di sekitaran Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan sepanjang kaldera Tengger dengan variasi ketinggian mulai dari 1.400-2.400 meter. Dengan medan sudah dilapisi aspal dan tanah atau pasir.


Cycling Bromo 100 km

Cycling Bromo adalah event bersepeda jarak jauh non-kompetitif dan sebuah acara menantang. Start akan dimulai dari Surabaya ke Pasuruan. Selain untuk event olahraga peserta juga dapat menikmati keindahan Gunung Bromo dari dekat dan ajang bercengkerama dengan peserta lainnya.

Demikian sedikit ulasan tentang apa saja event yang sering diadakan di Gunung Bromo. Semoga informasi yang sederhana ini bisa bermanfaat buat para wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo

(diolah dari berbagai macam sumber)

Posting Komentar untuk "EVENT GUNUNG BROMO"