PENGALAMAN TOUR BROMO BERSAMA KAWAN KURNIA TOUR

TOUR BROMO BERSAMA KAWAN KURNIA TOUR

Pengalaman bergabung dengan Kawan Kurnia Tour ketika tour ke Bromo sangatlah mengesankan. Agent travel Kawan Kurnia Tour termasuk travel agent yang sangat berpengalaman dalam melayani dan memanjakan para wisatawan. Mengetahui apa saja yang dibutuhkan wisatawan sehingga wisatawan merasa sangat puas karena dimanjakan dengan pelayanan yang friendly, sehingga membuat wisatawan bakalan bergabung lagi dengan Kawan Kurnia Tour di lain kesempatan.

tour bromo


Berikut pengalaman dan kesaksian 3 orang mahasiswa yang sudah pernah menggunakan jasa Kawan Kurnia Tour ketika liburan ke Gunung Bromo


Saya seorang mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang. Ceritanya berawal dari hanya sekedar iseng-iseng ngumpul bareng teman-teman kuliah. Ketika saya kumpul ternyata pembahasannya tentang pikiran pening setres karena tugas-tugas kuliah yang sangat banyak yang membuat saya dan teman-teman merasa sangat butuh sekali liburan ke suatu tempat yang bisa memberikan ketenangan jiwa karena setres menjalani tugas-tugas kampus yang sangat banyak.

Kita bertiga sepakat untuk mencari lokasi wisata dimana lokasinya memiliki udara yang dingin, sejuk dan pemandangan yang sangat menakjubkan. Dan setelah mengumpulkan beberapa masukan dari mbah google, maka kami memutuskan untuk liburan ke gunung Bromo. Setelah tekad bulat kemudian kami sengaja mencari travel agent berpengalamat yang sudah lama berkecimpung di bidang tour and travel. Ada seorang dari teman kami yang menyarankan untuk memilih travel agent Kawan Kurnia Tour. Teman kami merasa yakin menggunakan jasa Kawan Kurnia Tour karena dia sudah pernah menggunakan jasa Kawan Kurnia Tour ketika liburan ke Karimunjawa bersama keluarganya. Dan ayahnya sendiri juga pernah menggunakan jasa Kawan Kurnia Tour ketika membawa rombongan kantornya liburan ke pegunungan Dieng.

Teman saya akhirnya memberikan kontak person Kawan Kurnia Tour dan kemudian kami bertiga berinisiatif untuk menelepon Kawan Kurnia Tour. Kebetulan saya sendiri sebagai juru bicaranya sekaligus koordinator rombongan. Waktu itu saya berbicara dengan Mas Inu yang memegang kontak person trip Bromo. Saya bertanya kepada mas Inu soal biaya paket tour Bromo, fasilitas paket tour Bromo serta itinerary paket tour Bromo yang Kawan Kurnia Tour sediakan. Setelah mas Inu menjelaskan semuanya, kemudian yang jadi pertanyaan saya, bagaimana cara dan akses menuju ke gunung Bromo. Ternyata mas Inu juga menjelaskan jika Kawan Kurnia Tour bisa membuatkan paket tour Bromo dengan pemberangkatan dari Semarang. Kemudian mas Inu memberikan penjelasan panjang lebar tentang paket tour Bromo dengan pemberangkatan dari Semarang. Akhirnya kami memutuskan untuk ambil paket tour Bromo dari Semarang dengan transportasi dari Semarang ke Surabaya dengan naik kereta api, beserta fasilitas penjemputan mobil dari stasiun kereta di Surabaya menuju ke Gunung Bromo.

Dalam paket tour Bromo ini kita mengambil paket tour Bromo midnight tanpa penginapan karena disamping memadatkan jadwal liburan, harga paketnyapun jatuhnya lebih murah. Maklum kami masih mahasiswa. Setelah fix kami bertiga mengumpulkan uang untuk melakukan pembayaran DP atau uang muka untuk biaya operasional persiapan tour Bromo. Sembari menunggu hari H pemberangkatan, kami bertiga menyiapkan persiapan untuk liburan ke Bromo seperti sandal/sepatu gunung dan jaket yang tebal, karena udara di Bromo sudah pasti dingin sekali.

Hari pemberangkatanpun dimulai. Jadwal kereta Maharani kelas ekonomi berangkat dari stasiun Poncol Semarang pukul 13.00. Kita bertiga sudah siap berangkat bareng menuju ke stasiun Poncol dengan naik motor. Motor sengaja kami titipkan di penitipan kendaraan stasiun Poncol Semarang. Waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 kita sudah standby di pelabuhan Poncol Semarang. Saya sebagai koordinator dari rombongan segera mengurus tiket pemberangkatan yang sudah diberikan oleh pihak Kawan Kurnia Tour jauh-jauh hari. Jadi di stasiun saya hanya tinggal ngeprint tiket saja terus menuju ke ruang tunggu untuk menunggu keberangkatan kereta Maharani.

tour bromo


Waktu menunjukkan pukul 12.45 kamipun bergegas masuk ke kereta Maharani kelas ekonomi untuk mencari tempat duduk yang sesuai dengan tiket yang sudah kami pegang. Tepat jam 13.00 kereta Maharani langsung berangkat dengan tujuan Pasar Turi Surabaya. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 4,5 jam dengan prediksi sampai di stasiun Pasar Turi Surabaya sekitar pukul 17.30. Di dalam kereta Maharani kami merasangat senang karena sudah tidak sabar untuk sampai ke Gunung Bromo. Di dalam kereta Maharani saya dan teman-teman sempat berkenalan dengan beberapa orang di sekitar tempat duduk kami. Ada juga seorang ibu-ibu tua yang dengan senang hati memberikan kami snack berupa 1 bungkus Kripik Paru yang sangat lezat sekali. Perjalanan semakin terasa mengesankan karena kami bisa menikmati pemandangan di luar kereta sambil makan kripik paru pemberian ibu-ibu tua tersebut.

tour bromo


Selang beberapa saat ternyata kereta sudah sampai di stasiun Pasar Turi Surabaya dan waktu sudah menunjukkan pukul 17.30. Kami bertiga turun dari kereta Maharani dan langsung keluar dari kawasan stasiun Pasar Turi Surabaya untuk mencari makan karena perut kami sudah sangat merasa lapar setelah perjalanan jauh. Setelah keluar dari kawasan stasiun Pasar Turi, kami langsung menuju ke warung makan Soto Madura. Dan ternyata benar, Soto madura memang rasanya sangat juara banget. Wuenaaak tenaaan...

Setelah makan soto Madura, kami menghubungi koordinator Kawan Kurnia Tour yang berada di Probolinggo. Ternyata tim dari Kawan Kurnia Tour sudah menugaskan driver untuk menjemput rombongan kami di stasiun Pasar Turi Surabaya. Sekitar pukul 18.00 kamipun diajakin oleh tim Kawan Kurnia Tour menuju ke kota Probolinggo untuk santai dan menikmati kopi di salah satu cafe terkenal di Probolinggo. Kamipun sampai di Probolinggo sekitar pukul 21.00 dan langsung menuju ke lokasi coffe shop terkenal di Probolinggo. Cafenya benar-benar sangat nyaman sesuai dengan suasana anak-anak muda karena kebetulan hari tersebut adalah weekend jadi banyak sekali anak muda Probolinggo yang nongkrong di coffe shop tesebut. Tak terasa kami sudah 2 jam ngopi, ngobrol, santai, sharing, cerita-cerita dengan 2 orang tim dari Kawan Kurnia Tour. Mereka termasuk orang-orang yang asik dan friendly banget.

tour bromo


Sekitar pukul 00.00 kami langsung melanjutkan perjalanan dari kota Probolinggo menuju ke desa Ngadisari tempat basecamp Kawan Kurnia Tour yang akan memberangkatkan wisatawan naik ke gunung Bromo dengan menggunakan jeep atau hardtop. Kami sampai di desa Ngadisari pukul 02.00 dan langsung persiapan naik jeep yang sudah dibookingkan oleh pihak Kawan Kurnia Tour untuk menuju ke puncak Penanjakan dimana lokasi tersebut adalah lokasi yang paling favorit untuk melihat sunrise. Perjalanan menuju ke puncak Penanjakan sangat mengesankan sekali. Kita akan melawati medan yang sangat berat berupa jalan yang menanjak sangat ekstrim dan lautan pasir pada malam hari dan itu sangat tidak bisa dilalui dengan menggunakan mobil biasa.

Kami akhirnya tiba di puncak Penanjakan Bromo sekitar pukul 03.00. Untuk mengulur waktu menunggu matahari terbit, kami bertiga istirahat di warung-warung di sekitar puncak Penanjakan. Saya memesan kopi panas dan pisang goreng sebagai teman menikmati hawa yang sangat dingin sekali. Setelah ngopi sambil makan pisang goreng, kami langsung menuju ke spot sunrise. Hati terasa penasaran seperti apa jika melihat matahari terbit dari puncak Penanjakan gunung Bromo yang konon katanya pemandangan sunrisenya sangat indah sekali. Waktu terus berjalan dan akhirnya moment yang kami tunggu-tunggu sudah datang. Matahari mulai memancarkan rona orange dari ufuk timur dengan indahnya. Sungguh suatu anugerah tuhan yang Maha Agung yang telah menciptakan fenomena alam yang begitu sangat indah. Mataharipun muncul perlahan-lahan dengan keindahannya. Tak ketinggalan kamipun bertiga saling adu kemampuan untuk mengambil foto sunrise yang sangat menawan.

sunrise bromo


Sekitar pukul 06.00 kamipun memutuskan turun dari puncak Penanjakan untuk melanjutkan perjalanan menuju kawah Gunung Bromo. Sampai di Lautan Pasir, jeep berhenti untuk mencari tempat parkir. Di kawasan parkir jeep biasanya kita ditawari oleh para joki kuda untuk memberikan jasa naik kuda menuju ke kawah gunung Bromo. Tapi kami bertiga sudah sepakat dari awal untuk berjalan kaki menuju ke puncak kawah Gunung Bromo yang terkenal akan keindahannya. Salah satu alasan kenapa kami tidak naik kuda karena harga sewa kuda di Bromo termasuk mahal.

tour bromo

tour bromo


Perjalanan menuju ke kawah Gunung Bromo dimulai. Kami bertiga dengan semangatnya berjalan menuju ke puncak kawah gunung Bromo karena merasa sangat penasaran sekali. Ketika berjalan melewati lautan pasir, kami menemukan sebuah bangunan sakral berupa Pura di tengah lautan pasir. Pura itu bernama Pura Luhur Poten. Pura ini sangat sakral bagi suku Tengger yang mayoritas mendiami kawasan gunung Bromo. Pura Luhur Poten Bromo memiliki struktur bangunan yang sangat indah sekali. Kami sejenak istirahat di sekitar kawasan Pura Luhur Poten untuk menikmati keindahan bangunan Pura. Setelah beberapa saat, kami melanjutkan perjalanan menuju kawah Gunung Bromo. Jika naik ke puncak gunung Bromo untuk menikmati keindahan kawahnya, maka kita akan menaiki tangga yang sangat tinggi sekali. Selain menggunakan tangga untuk naik ke kawah gunung Bromo, kita juga bisa naik ke atas dengan lewat pasir dengan derajat kemiringan yang lumayan ekstrim. Ketika kita naik ke puncak kawah gunung Bromo saya sarankan anda membawa masker untuk melindungi diri anda dari debu dan bau belerang yang menyengat. Kami sarankan juga bagi anda yang ingin naik ke puncak kawah gunung Bromo supaya jauh-jauh hari mempersiapkan fisik yang prima, karena jalan naik menuju puncak kawah gunung Bromo benar-benar menguras tenaga. Kami bertiga akhirnya sampai juga di kawasan kawah gunung Bromo. Pemandangan kawahnya sangat indah sekali. Banyak para wisatawan yang mengabadikan pemandangan kawah gunung Bromo dengan narsis, termasuk kami bertiga. Setelah puas menikmati keindahan kawah gunung Bromo dari puncak, kami memutuskan untuk turun ke bawah menuju ke parkiran jeep yang sudah menunggu kami. Sekitar pukul 09.00 kembali ke desa Ngadisari dengan naik jeep untuk kembali ke basecamp Kawan Kurnia Tour.

tour bromo


Setelah sampai di basecamp Kawan Kurnia Tour, kami istirahat sejenak untuk melepas lelah sambil cuci muka membersihkan sisa-sisa pasir yang menempel di pakaian kami. Waktu menunjukkan pukul 10.00 dan kami melanjutkan perjalanan wisata selanjutnya. Berikutnya kami akan menuju ke Air Terjun Madakaripura yang yang memiliki sejarah konon katanya sebagai tempat bersemedi Patih Gajah Mada. Perjalanan menuju air terjun Madakaripura memakan waktu sekitar 1 jam. Kurang lebih sekitar pukul 11.00 kami sampai di parkiran air terjun Madakaripura. Sebelum kami menuju ke air tejun Madakaripura, tim Kawan Kurnia Tour sudah menyediakan guide khusus untuk menemani kami selama perjalanan menuju ke air terjun Madakaripura. Guide bertugas menjelaskan tentang sejarah ataupun semuanya tentang air terjun Madakaripura dan membawakan barang-barang penting seperti dompet, handphone dan kamera. Sebelum berangkat, guide menawarkan jasa sewa mantel, karena untuk menuju ke air terjun Madakaripura kita sudah bisa dipastikan basah kuyup karena medan menuju ke air terjun Madakaripura melewati air terjun-air terjun kecil yang akan mengguyur semua orang yang melewati jalur menuju ke air terjun Madakaripura. Kami bertiga memutuskan tidak usah menggunakan mantel. Kami berniat berbasah-basah ria sekalian menikmati dinginnya air terjun Madakaripura. Kami berani basah-basahan karena kami sudah membawa pakaian ganti dari rumah. Perjalanan dari parkiran mobil menuju ke air terjun Madakaripura memakan waktu sekitar ½ jam.

Ketika perjalanan menuju air terjun Madakaripura, badan kami langsung basah kuyup karena melewati air terjun-air terjun kecil dengan hawa dingin khas pegunungan. Setelah sampai di air terjun Madakaripura, kamipun terkagum-kagum akan keindahan air terjun yang sangat memukau serta teringat akan sejarah tentang Patih gajah Mada yang konon bersemedi di air terjun Madakaripura dalam waktu yang cukup lama. Kami bertiga menghabiskan waktu di air terjun Madakaripura dengan bermain air dan melihat suasana yang sangat menakjubkan. Setelah puas kami bertiga kembali didampingi guide yang bertugas untuk kembali ke parkiran mobil. Sampai di parkiran mobil, waktu sudah menunjukkan pukul 13.00 dan kami segera ganti pakaian yang basah dengan pakaian yang kering karena harus melanjutkan perjalanan pulang. Perjalanan selanjutnya sebelum pulang, kami diajakin tim Kawan Kurnia Tour mampir untuk makan siang di kota Probolinggo.

air terjum madakaripura


Setelah sampai di kota Probolinggo kami menuju ke rumah makan yang sederhana untuk santap siang. Maklum mahasiswa pinginnya makan dengan harga yang murah tami kenyang. Selesai makan siang, kami diajakin tim Kawan Kurnia Tour ke pusat oleh-oleh khas Probolinggo. Di pusat oleh-oleh kami memborong beberapa makanan khas Probolinggo seperti tape ataupun makanan lain yang terbuat dari olahan tape. Waktu sudah menunjukkan pukul 15.00 dan kami segera bergegas diantar oleh tim Kawan Kurnia Tour menuju ke stasiun Pasar Turi Surabaya.

Pukul 18.00 kami sampai di stasiun Pasar Turi Surabaya. Dengan rasa sedih bercampur gembira serta terima kasih yang amat sangat besar, kami bertiga berpisah dengan tim dari Kawan Kurnia Tour yang sudah bertugas menemani kami selama liburan di gunung Bromo. Sungguh suatu pertemanan yang tidak akan terlupakan. Salam perpisahan terucap dari mulut kami, dengan berat hati mengatakan sampai jumpa lagi di lain kesempatan jika kelak kami kembali lagi liburan ke gunung Bromo.

Jadwal pemberangkatan kereta ekonomi Kertajaya sekitar pukul 20.00. Masih ada waktu sekitar 2 jam untuk istirahat di kawasan stasiun Pasar Turi Surabaya sambil menunggu pemberangkatan kereta. Sekitar pukul 19.30 kami bergegas masuk ke kereta ekonomi Kertajaya. Perjalanan menuju ke stasiun Poncol Semarang memakan waktu sekitar 4 jam. Pukul 20.00 kereta Kertajaya berangkat dari stasiun Pasar Turi Surabaya. Selama perjalanan di dalam kereta, kami bertiga hanya bisa tertidur pulas karena sudah merasa lelah. Tak terasa tepat pukul pukul 00.00 kerta Kertajaya sudah sampai di stasiun Poncol Semarang. Akhirnya perjalanan liburan yang panjang dan menyenangkan serta melelahkan berakhir.

Terima kasih banyak kami ucapkan kepada tim Kawan Kurnia Tour baik yang ada di Semarang maupun di Probolinggo karena telah menemani waktu liburan kami yang sangat menyenangkan ke gunung Bromo. Suatu saat jika akan merencanakan liburan lagi, kami akan mempercayakan event liburan kami kepada Kawan Kurnia Tour.

Terima kasih...

Posting Komentar untuk "PENGALAMAN TOUR BROMO BERSAMA KAWAN KURNIA TOUR"