TEMPAT WISATA GUNUNG BROMO

LOKASI WISATA GUNUNG BROMO

Gunung Bromo memiliki beberapa lokasi wisata andalan yang sering dikunjungi para wisatawan. Lokasi wisata itulah yang bisa menyedot perhatian ribuan wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Tempat-tempat wisata gunung Bromo yang sering dikunjungi wisatawan sebagai berikut:


Puncak Penanjakan

Penanjakan merupakan lokasi yang dijadikan view point untuk melihat indahnya matahari terbit atau sunrise oleh wisatawandi puncak Gunung Bromo.

sunrise gunung bromo


Untuk mencapai puncak Penanjakan wisatawan harus menggunakan kendaraan jeep hardtop dengan menyewa jeep di Bromo. Dan berangkat sekitar jam 03.00 pagi dari penginapan di sekitar kawasan Gunung Bromo. Puncak penanjakan sendiri dibagi menjadi 2 bagian yaitu penanjakan 1 dan penanjakan2. Sebagai alternatif apabila Penanjakan 1 sudah penuh oleh pengunjung, maka wisatawan bisa ke Penanjakan 2 dan Bukit Cinta yang memiliki view pemandangan Gunung Bromo yang tidak kalah bagus dibanding penanjakan 1.

puncak penanjakan bromo


Kawah Gunung Bromo

Untuk mencapai lokasi dari parkiran Jeep menuju kawah Gunung Bromo, wisatawan bisa memakai jasa sewa kuda maupun jalan kaki sekitar 1,5 km sampai anak tangga kawah Gunung Bromo yang berjumlah sekitar 250 anak tangga. Jalan yang di lalui adalah pasir dan setelah sampai di atas puncak kita bisa menikmati dasar kawah Gunung Bromo yang berasap. Ini merupakan tempat upacara Yadnya Kasada atau Kasodo yang diselenggarakan setahun sekali dengan mempersembahkan sayuran, ayam, dan uang yang dibuang ke dalam kawah gunung berapi tersebut untuk dipersembahkan kepada Dewa sebagai perwujudan rasa syukur kepada yang maha kuasa.

kawah gunung bromo


Pura Luhur Poten Gunung Bromo

Pura Luhur Poten Gunung Bromo menjadi tempat pemujaan bagi masyarakat Tengger yang beragama Hindu. Pura Luhur Poten berdiri tahun 2000. Pura ini menjadi tempat pemujaan Dewa Brahma.

Pura Luhur Poten Gunung Bromo


Dari segi arsitekturnya Pura Luhur Poten Gunung Bromo terdiri dari beberapa bangunan yang dibagi menjadi tiga Mandala, yaitu Mandala Utama sebagai tempat pelaksanaan pemujaan persembahyangan yang di dalamnya sebuah Padma (tempat pemujaan), Mandala Madya (tengah) sebagai tempat persiapan dan pengiring upacara persembahyangan, dan Mandala Nista (depan) yaitu tempat peralihan dari luar ke dalam pura. Tiap mandala/zona memiliki bangunan candi yang menjadi pintu masuk dengan arsitektur Jawa dan Bali. Pura Suci Suku Tengger biasanya digunakan untuk perayaan Yatya Kasada atau Upacara Kasodo


Pasir Berbisik

Merupakan sebuah hamparan lautan pasir hitam yang luas dan indah yang berlokasi di sekitar Kaldera Gunung Bromo, tepatnya pada bagian timur kawasan wisata Bromo. Kawasan Pasir Berbisik ini merupakan tempat syuting beberapa film, antara lain film Pasir Berbisik, Tendangan Dari Langit dan juga beberapa film indie menjadikan tempat ini menarik untuk di kunjungi. Selain itu beberapa pasangan juga memakai tempat ini untuk foto prewedding. Jika mengunjungi tempat ini disarankan menggunakan mobil Jeep dan dikendarai oleh driver yang sudah berpengalaman, karena medan yang sulit berupa lautan pasir

pasir berbisik gunung bromo


Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies adalah sebuah padang savanna yang dikelilingi oleh deretan perbukitan yang mirip seperti pada film Teletubbis. Pada musing kemarau tempat ini kurang begitu hijau, namun saat rumput sedang hijau-hijaunya kita seakan merasa sedang berada di Zew Zealand, dan tempat ini juga cocok untuk foto prewedding atau outbond.

bukit teletubbies bromo


Agrowisata Kebun Strawberry

Agrowisata Kebun Strawberry ini berada di desa Jetak, kecamatan Sukapura. Aktifitas yang bisa dilakukan yaitu memilih dan memetik buah strawberry langsung dari tangkainya. Kebun seluas 5 hektar ini terhampar tanaman strawberry yang berwarna merah merona dan siap untuk dipetik buahnya. Bahkan anda bisa langsung mencicipi manisnya buah strawberry yang sangat segar. Buah Strawberry ini berbeda dengan daerah lain. Yang membedakan yaitu rasa dari buahnya yang lebih legit, dan berwarna lebih merah merona.


Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu tujuan wisata jika kita berlibur ke Gunung Bromo. Air Terjun Madakaripura memiliki keindahan pemandangan yang sangat memukau banyak wisatawan. Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo pasti tidak melewatkan air terjun Madakaripura untuk dijadikan tujuan berwisatanya. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang air terjun Madakaripura anda bisa melihatnya di artikel Air Terjun Madakaripura

air terjun madakaripura


Demikian ulasan singkat tentang tempat-tempat wisata Gunung Bromo yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Semoga informasi ini bermanfaat buat semua wisatawan yang ingin liburan ke Gunung Bromo.

Posting Komentar untuk "TEMPAT WISATA GUNUNG BROMO"