SEJARAH BROMO

SEJARAH GUNUNG BROMO

Keindahan alam Indonesia cukup indah untuk dilewatkan, sebagai negara yang terdiri atas hamparan laut dan deretan pegunungan tinggi yang salah satunya bergelar seven summit (puncak cartens piramide) Indonesia wajib berbangga memilikinya, salah satu tempat yang menjadi destinasi wisatawan baik wisatawan nusantara dan wisatawan asing yaitu Gunung Bromo yang masuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Untuk cara menuju ke Gunung Bromo anda bisa membacanya di Cara Menuju Gunung Bromo

wisata bromo

Kenapa harus dimulai dari Bromo? Gunung Bromo merupakan destinasi yang cukup lengkap, dari sisi historis, keindahan alam dan segi budaya Gunung Bromo seakan tak akan berhenti kita bahas, semakin kita membahasnya semakin kita ingin melihat langsung keindahan Indonesia, untuk itu mari kita mulai lihat dari Gunung Bromo.


GUNUNG BROMO

Gunung Bromo merupakan gunung yang berada di kabupaten probolinggo, lumajang, malang dan pasuruan yang memiliki ketinggian 2392 mdpl, dengan lautan pasir seluas 10 Km persegi, Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat) dan merupakan gunung api yang masih aktif namun aman untuk di kunjungi.


ASAL USUL GUNUNG BROMO

Menurut beberapa sumber tentang Sejarah Gunung Bromo, kerajaan Majapahit mengalami serangan dari berbagai daerah, penduduk pribumi kebingungan untuk mencari tempat tinggal hingga pada akhirnya mereka terpisah menjadi 2 bagian yang pertama menuju ke Bali, kedua menuju Gunung Bromo. kedua tempat ini sampai sekarang mempunyai dua kesamaan yaitu sama-sama menganut kepercayaan agama Hindu. Nama suku Tengger berasal dari Legenda Roro Anteng juga Joko Seger yang diyakini sebagai asal usul nama Tengger tersebut, dan Gunung Bromo sendiri dipercaya sebagai gunung suci. Mereka menyebutnya sebagai Gunung Brahma atau dewa tertinggi dalam agama Hindu dan orang Jawa kemudian menyebutnya Gunung Bromo.

Demikian ulasan singkat tentang Sejarah Gunung Bromo. Semoga informasi singkat ini bisa memberikan sedikit pengetahuan tentang sejarah Gunung Bromo.

Posting Komentar untuk "SEJARAH BROMO"